Rabu, 13 Januari 2016

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Pancaroba

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Pancaroba

Akhir-akhir ini kondisi cuaca sering berubah-ubah tak menentu. Kadang, ketika pagi hari matahari bersinar dan langit cerah. Akan tetapi, menjelang siang hari tiba-tiba awan mendung datang dan hujan deras begitu saja. Demikian halnya dengan suhu udara. Siang hari udara terasa panas sangat panas, dan kemudian malam hari udara berubah menjadi sangat dingin.

Keadaan seperti ini menuntut tubuh kita untuk bisa menyesuaikan kodisi di luar tubuh dengan sangat cepat. Hal ini sering menimbulkan ketidaknyamanan.
Bukan cuma kodisi tubuh, akan tetapi juga berpengaruh kepada moody untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, menjaga stamina tubuh agar tetap fit sangat perlu, terlebih dalam cuaca yang tidak menentu seperti ini. Jika tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatan, tubuh akan mudah terserang penyakit seperti diare, infeksi saluran pernafasan, demam, dan flu.

1.Rutin Berolahraga.
 Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.
2.Kebersihan Makanan.
 Selalu memastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna.
3.Kontrol Makanan. 
Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Di khawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.
4.Makanan Berserat. 
Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.
5.Vitamin D.
Penuhi kebutuhan vitamin D. Karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.

6.Perbanyak Minum Jus
Jus adalah kunci penting untuk kulit yang cerah dan kesehatan. Jus sayuran berdaun hijau memiliki manfaat untuk mengimbangi pH tubuh, membersihkan tubuh dari limbah asam, membersihkan tubuh dari lendir, dan melakukan pembersihan pencernaan. Di samping itu, jus buah-buahan juga tak kalah bermanfaat bagi tubuh. Jus buah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan sistem pencernaan, dan sebagai anti-oksidan.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar