Jumat, 15 Januari 2016

Ciri Ciri Makanan Sehat

Ciri Ciri Makanan Yang Sehat 


Berikut Adalah 10 Ciri dan Syarat Makanan Sehat

1.Mengandung Serat yang Cukup
Gado-gado, urap, rujak merupakan jenis makanan yang bisa kita masukkan dalam menu makanan sehari-hari. Mengonsumsi lalapan dan sayuran yang dikukus juga baik untuk memenuhi kebutuhan serat Anda setiap hari. Untuk mendapatkan tambahan serat, biasakan mengkonsumsi buah yang kaya kandungan serat sehabih makan sebagai pencuci mulut.

2.Sedikit Minyak Goreng
Makanan yang digoreng dengan minyak suhu tinggi akan membuat gizi alami yang terdapat dalam makanan rusak. Menggoreng makanan dengan minyak jelantah atau minyak goreng yang sudah pernah dipakai, membuat kandungan lemak trans dan radikal bebas dalam makanan meningkat. Dampaknya memang tidak muncul seketika,namun suatu saat bisa menyebabkan sebuah Kanker.

3.Sedikit Bahan Pengawet
Makanan kemasan buatan pabrik umumnya menggunakan bahan pengawet, termasuk kaldu instan. Bahan pengawet yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Konsumsi makanan segar dan makanan yang baru saja dimasak lebih baik daripada makanan cepat saji yang menjadi awet karena zat kimia tertentu.

4.Cukup Matangnya
Makanan setengah matang seperti ikan bakar,sate, dan acar juga perlu diperhatikan,terutama bagi ibu hamil karena sama halnya dengan makanan mentah,bakteri atau virus berbahaya pada makanan setengah matang mungkin belum mati.

5.Hindari Makanan yang Terlalu Pedas
Makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Pada sebagian orang, makanan yang terlalu pedas akan menyebabkan sakit perut atau sakit maag. Anda boleh saja makan makanan pedas, tetapi jangan terlalu pedas. Selain dapat membahayakan pencernaan, makanan terlalu pedas juga akan membuat penampilan anda berantakan akibat produksi keringat yang berlebihan.

6.Didalamnya harus terdapat kandungan air dan garam mineral.

7.Vitamin juga harus ada dalam kandungan makanan sehat tersebut.

8.Asam amino seperti misalkan saja arginine, valin, metionin, threonine, isoleusin, leusin, penilalanin, histidin, triptofan, lisin. Dalam makanan sehat pastikan ada ke sepuluh asam amino tersebut.

9.Sekedar informasi saja, makanan yang cukup panas bisa mengakibatikan kunyahan tidak sempurna karena mulut akan kepanasan dan makanan panas dapat berpotensi untuk merusak gigi. Jadi mungkin ada baiknya jika makanan sehat anda di sajikan jika makanan tersebut sudah tidak panas.

10.Memiliki rasa yang enak dan agar lebih menarik, di hadirkan dengan presentasi makanan yang baik.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar